Wordwall, Belajar Sambil Nge-Game

Wordwall merupakan web aplikasi yang digunakan untuk membuat game interaktif, edugame/belajar sambil bermain. Wordwall memudahkan guru/pendidik untuk pembuatan game interaktif  sendiri. Hanya dengan 3 langkah mudah yaitu.
  1. Memilih template yang sudah disediakan
  2. Memasukan kontern, ide, soal, tugas yang ingin dibuat kedalamnya.
  3. Mainkan di komputer atau di hp (dapat juga di print out)

Pada menu bar tersedia:
  • Home, merupakan tampilan awal dari Aplikasi Wordwall
  • Features, merupakan menu yang menjelaskan berbagai jenis template aktifitas/ tugas yang tersedia di wordwall
  • Community, untuk menemukan komunitas wordwall, untuk referensi 
  • My Activity, kumpulan aktifitas yang sudah kita buat akan tersimpan disini, kita juga bisa membuat foder sesuai kategori yang diinginkan untuk memudahkan mencari. 
  • My Result, hasil dari aktifitas yang dibagikan guru ke peserta didik akan terekam di menu ini.
  • Creat Activity, untuk membuat aktifitas kerja siswa guru dapat menggunakan menu ini. Memilih template yang tersedia, memasukkan konten pembelajaran selanjutnya siap dibagikan online maupun offline
  • Upgrade, untuk memperbaharui fitur-fitur terbaru.
  • Akun, untuk mengelola aktifitas, halaman profil pemilik, dan data pemilik akun (tentunya harus daftar dulu)
Memiliki berbagai fitur permainan yang sangat menarik untuk dimainkan, menjadikan aplikasi ini menjadi cepat terkenal. Disamping itu pula kemudahan yang diberikan dalam proses pembuatan menjadikan aplikasi ini sangat ramah bagi pemula.
Mengapa wordwall begitu menarik? Ini adalah berbagai fitur yang ada didalamnya.



Fitur/jenis aktifitas dalam wordwall misalnya 
  • Match up 
  • Open the box 
  • Random chat 
  • Anagram 
  • Labelled diagram
  • Categories 
  • Quiz 
  • Find the match
  • Matching Fair 
  • Missing world 
  • Word search 
  • Rank order 
  • Rendem wheel 
  • Group sort
  • Unjumble
  • Gameshow Quiz
  • Maze Cheese 
  • Airplane
Cara membuat aktifitas di  wordwall yaitu terlebih dahulu harus memiliki akun dengan sign up utuk masuk akun petama kali. 
  1. Gunakan email aktif 
  2. Masukan password dan konfirmasi password
  3. Pilih negara
  4. Selanjutnya klik Sign Up. 
  5. Selamat! Anda sudah memiliki akun wordwall. Sangat mudah bukan 👌😊

Sebelum mulai membuat aktifitas, tentunya agar ada bayangan game apa yang akan kita buat nanti, perlu juga kita manfaatkan menu community. Agar ada referensi dalam pembuatan aktivitas. 



Selanjutnya adalah bagaimana cara membuatnya?
Pada kesempatan ini admin membahas salah satu fitur menarik dari wordwall yaitu Maze Chase (Permainan Labirin). Permainan ini cara mainnya hampir sama dengan permainan labirin pada umumnya yaitu dapat menemukan sesuatu yang diinstruksikan. Menyusuri labirin dan menghindari tertangkap oleh penjaga. Bila tertangkap oleh penjaga labirin selama 3 kali kesempatan maka game over. Dan apabila berhasil maka pemain mendapatkan skor, dan dapat melanjutkan game.. 
Nah permainan ini kemudian dalam Maze Chase dapat dimodifikasi oleh pengguna menjadi game edukasi yang menarik.  Dimana guru dapat mengganti konten/tugas/aktifitas yang dicari/ditmukan dalam labirin menjadi sesuai konteks pembelajaran yang akan disampakan kepada peserta didik.
Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pilih template Maze Chase
  2. Pada Activity Title isikan Judul Game  yang akan dibuat.
  3. Pada Qu. 1 atau Question isikan pertanyaan/ kata kunci/ instruksi
  4. Pada kolom pilihan masukan gambar dan atau pilihan jawaban. Untuk mengisi kunci jawaban klik tanda silang agar berubah menjadi tanda centang.
  5. Selanjutnya untuk menambah pertanyaan lain bisa di klik Add a question.
  6. Apabila sudah dirasa cukup maka klik tombol Done.
Sebelum game tersebut di share ke peserta didik, pada window Option silahkan setting game.
  1. TIMER, pengaturan waktu bermain, dengan hitung mundur, hitung maju, dan tanpa perhitungan waktu.
  2. LIVES, pengaturan kesempatan berapa kali bermain. 
  3. DIFFICULTY, pengaturan tingkat kesulitan yaitu kecepatan dan banyak nya jumlah penjaga dalam labirin
  4. RANDOM, pengaturan soal game yang akan tampil secara acak
  5. END OF GAME, pengaturan saat game berakhir, pilih munculkan jawaban atau tidak.
  6. Apply To This Acrivity, mengaplikasikan pengaturan yang telah dibuat hanya untuk game ini saja.
  7. Set As Default For Template, menjadikan pengaturan bawaan template.

Pada bagian pojok kanan game terdapat tombol, dan link Edit content, </> embed, More, dan Share.



  1. Edit content, untuk melakukan pengeditan ulang game yang telah selesai dibuat
  2. </> embed, untuk menampilkan game di web/ situs 
  3. More, terdapat rename untuk mengubah judul game 
  4. Share, berbagi game. Ada dua pilihan sebagai berikut.

Make Public, menjadikan game tersebut dibagikan untuk umum.
1. Copy link untuk dibagikan ke sosial media 
2. Membagikan dan menyematkan di media sosial dan website
3 Selesai
 
Set Assignment, jadikan sebuah penugasan dan dibagikan hanya untuk peserta didik yang diajarkan saja.
1. Result title, mengisi judul hasil dari game yang dikerjakan siswa
2. Centang enter name untuk identitas siswa dalam tugas.
3. Dead line, isikan batas tanggal dan jam pengumpulan tugas
4 End of game, tampilan setelah game berakhir akan menampilkan jawaban, tabel pengumuman nilai, dan ulangi.
5. Start untuk memulai pengaturan 

 
Selanjutnya akan muncul Assigment set, yang penjelasanya hampir sama dengan Make Public.


Berikut adalah Maze Chase yang telah dibuat dan dapat dimainkan. Kontennya atau materi yang disampaikan adalah sesuai mapel yang diajar PJOK, materi mengenai Permainan bulutangkis untuk kelas X dan Pencak Silat untuk kelas XI. Selamat mecoba..!!

Game Latihan Soal Permainan Bulu Tangkis
 
Game Latihan Soal Pencak Silat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wordwall, Belajar Sambil Nge-Game "

Post a Comment