Soal dan Kuci Jawaban Test Formatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 4 Kegiatan Belajar 1,2,3)
Test Formatif Modul 4 Kegiatan Belajar 1
Question 1 (1 point) Minat merupakan salah satu karakteristik umum peserta didik, memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk melihat peserta didik memiliki minat tinggi atau tidak dapat dilihat dari indikator yang tampak dari peserta didik tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu...
Question 1 options:
⦿ Perhatian
⦿ Rasa Percaya
⦿ Rasa senang
⦿ Keterlibatan
⦿ Ketertarikan
Question 2 (1 point)
Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang memperhatikan apa yang sedang dibahasnya dan kurang aktif dalam belajar. Guru tersebut berarti memperhatikan aspek perkembangan peserta didik yaitu:
Question 2 options:
⦿ Gender
⦿ Minat
⦿ Usia
⦿ Etnik
⦿ Status sosial
Question 3 (1 point)
Pada peringatan hari sumpah pemuda yang diselenggaran di Sekolah Dasar Garuda, guru menghimbau untuk menggunakan busana daerah masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik, terutama aspek:
Question 3 options:
⦿ Status Sosial
⦿ Minat
⦿ Gender
⦿ Etnik
⦿ Usia
Question 4 (1 point)
Guru A merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik pilihannya lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut sangat memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 4 options:
⦿ Kultural
⦿ Gender
⦿ Minat
⦿ Status sosial
⦿ Etnik
Guru ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Dalam pembelajaran tersebut sebenarnya guru memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 5 options:
⦿ Minat
⦿ Gender
⦿ Kultural
⦿ Etnik
⦿ Usia
Question 6 (1 point)
Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 6 options:
⦿ Gender
⦿ Etnik
⦿ Usia
⦿ Minat
⦿ Kultural
Question 5 options:
⦿ Minat
⦿ Gender
⦿ Kultural
⦿ Etnik
⦿ Usia
Question 6 (1 point)
Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 6 options:
⦿ Gender
⦿ Etnik
⦿ Usia
⦿ Minat
⦿ Kultural
Question 7 (1 point)
Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 7 options:
⦿ Usia
⦿ Etnik
⦿ Kultural
⦿ Minat
⦿ Status sosial
Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 7 options:
⦿ Usia
⦿ Etnik
⦿ Kultural
⦿ Minat
⦿ Status sosial
Question 8 (1 point)
Perkembangan intelektual peserta didik usia Taman kanak-kanak berada pada fase:
Question 8 options:
⦿ Pra operasional
⦿ Masa genital
⦿ Operasional konkrit
⦿ Operasional formal
⦿ Sensori motor
Perkembangan intelektual peserta didik usia Taman kanak-kanak berada pada fase:
Question 8 options:
⦿ Pra operasional
⦿ Masa genital
⦿ Operasional konkrit
⦿ Operasional formal
⦿ Sensori motor
Question 9 (1 point)
Bu Beta seorang guru Sekolah Dasar, setiap kali melakukan proses pembelajaran kepada peserta didiknya sering menggunakan benda nyata, kadang-kadang kalau tidak ditemukan benda nyata maka diganti dengan model/tiruannya. Bu Beta melakukan demikian dengan alasan peserta didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektualnya berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Beta mengaplikan salah satu aspek karakteristik peserta didik yaitu…..
Question 9 options:
⦿ Gender
⦿ Status sosial
⦿ Etnik
⦿ Kultural
⦿ Usia
Question 10 (1 point)
Karakteristik umum peserta didik meliputi beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut?
Question 10 options:
⦿ Kultural
⦿ Minat
⦿ Gender
⦿ Status sosial
⦿ Gaya belajar
Test Formatif Modul 4 Kegiatan Belajar 2
Question 1 (1 point)
Kapabilitas belajar yang dimaksudkan untuk mengetahui seseorang memiliki keterampilan motorik disebut juga dengan .......
Question 1 options:
⦿ Kognitif
⦿ Psikomotor
⦿ Afektif
⦿ Keterampilan Intelektual
⦿ Sikap
Question 2 (1 point)
Jenis pengetahuan prosedural yang memerlukan kemampuan awal dengan jenis komponen keterampilan yang lebih sederhana disebut juga dengan ........
Question 2 options:
⦿ keterampilan intelektual
⦿ diskriminasi
⦿ strategi kognitif
⦿ sikap
⦿ psikomotor
Bu Beta seorang guru Sekolah Dasar, setiap kali melakukan proses pembelajaran kepada peserta didiknya sering menggunakan benda nyata, kadang-kadang kalau tidak ditemukan benda nyata maka diganti dengan model/tiruannya. Bu Beta melakukan demikian dengan alasan peserta didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektualnya berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Beta mengaplikan salah satu aspek karakteristik peserta didik yaitu…..
Question 9 options:
⦿ Gender
⦿ Status sosial
⦿ Etnik
⦿ Kultural
⦿ Usia
Question 10 (1 point)
Karakteristik umum peserta didik meliputi beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut?
Question 10 options:
⦿ Kultural
⦿ Minat
⦿ Gender
⦿ Status sosial
⦿ Gaya belajar
Test Formatif Modul 4 Kegiatan Belajar 2
Question 1 (1 point)
Kapabilitas belajar yang dimaksudkan untuk mengetahui seseorang memiliki keterampilan motorik disebut juga dengan .......
Question 1 options:
⦿ Kognitif
⦿ Psikomotor
⦿ Afektif
⦿ Keterampilan Intelektual
⦿ Sikap
Question 2 (1 point)
Jenis pengetahuan prosedural yang memerlukan kemampuan awal dengan jenis komponen keterampilan yang lebih sederhana disebut juga dengan ........
Question 2 options:
⦿ keterampilan intelektual
⦿ diskriminasi
⦿ strategi kognitif
⦿ sikap
⦿ psikomotor
Question 3 (1 point)
Pak Guru Himawan melakukan pemeriksaan atau monitoring terhadap pengetahuan awal peserta didik yang diketahui salah (faulty prior knowledge) secara periodik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari. Apa yang dilakukan oleh Pak Guru Himawan tersebut disebut dengan .......
Question 3 options:
⦿ Strategi menganalisis kebutuhan instruksional
⦿ Strategi mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
⦿ Strategi menganalisis skemata peserta didik
⦿ Strategi penentuan urutan materi pembelajaran
⦿ Strategi mengaktivasi kemampuan awal peserta didik
Question 4 (1 point)
Ibu Guru Nathifa mengajukan serangkaian pertanyaan kepada peserta didik yang dirancang secara khusus untuk membantu mereka menggunakan pengetahuan sebelumnya sehingga mereka siap menerima materi yang akan diajarkan. Apa yang dilakukan oleh Ibu Guru Nathifa tersebut dimaksudkan untuk memicu .............
Question 4 options:
⦿ pengalaman
⦿ minat
⦿ motivasi
⦿ strategi kognitif
⦿ retensi
Question 5 (1 point)
Kemampuan awal pada dasarnya memiliki dua pengaruh signifikan terhadap peserta didik dimana pengaruh tersebut sangat penting ketika guru akan mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu pengaruh yang dimaksud adalah sebagai berikut ini kecuali ........
Question 5 options:
⦿ Mengelaborasi kemampuan peserta didik dalam menggunakan analogi
⦿ Bagaimana peserta didik mengorganisasi informasi atau pengetahuan baru
⦿ Mendorong peserta didik dalam me-recall pengetahuan lama untuk mempermudah pemerolehan pengetahuan baru
⦿ Menggali kemampuan peserta didik dalam menggabungkan pengetahuan lama dan baru
⦿ Mereduksi peserta didik dalam menggunakan struktur yang sudah ada
Pak Guru Himawan melakukan pemeriksaan atau monitoring terhadap pengetahuan awal peserta didik yang diketahui salah (faulty prior knowledge) secara periodik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari. Apa yang dilakukan oleh Pak Guru Himawan tersebut disebut dengan .......
Question 3 options:
⦿ Strategi menganalisis kebutuhan instruksional
⦿ Strategi mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
⦿ Strategi menganalisis skemata peserta didik
⦿ Strategi penentuan urutan materi pembelajaran
⦿ Strategi mengaktivasi kemampuan awal peserta didik
Question 4 (1 point)
Ibu Guru Nathifa mengajukan serangkaian pertanyaan kepada peserta didik yang dirancang secara khusus untuk membantu mereka menggunakan pengetahuan sebelumnya sehingga mereka siap menerima materi yang akan diajarkan. Apa yang dilakukan oleh Ibu Guru Nathifa tersebut dimaksudkan untuk memicu .............
Question 4 options:
⦿ pengalaman
⦿ minat
⦿ motivasi
⦿ strategi kognitif
⦿ retensi
Question 5 (1 point)
Kemampuan awal pada dasarnya memiliki dua pengaruh signifikan terhadap peserta didik dimana pengaruh tersebut sangat penting ketika guru akan mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu pengaruh yang dimaksud adalah sebagai berikut ini kecuali ........
Question 5 options:
⦿ Mengelaborasi kemampuan peserta didik dalam menggunakan analogi
⦿ Bagaimana peserta didik mengorganisasi informasi atau pengetahuan baru
⦿ Mendorong peserta didik dalam me-recall pengetahuan lama untuk mempermudah pemerolehan pengetahuan baru
⦿ Menggali kemampuan peserta didik dalam menggabungkan pengetahuan lama dan baru
⦿ Mereduksi peserta didik dalam menggunakan struktur yang sudah ada
Question 6 (1 point)
Teknik mendeteksi kemampuan awal peserta didik dapat dilakukan diantaranya dengan menggunakan catatan atau dokumen yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi untuk mendeteksi kemampuan awal peserta didik. Catatan atau dokumen yang dimaksud adalah ......
Question 6 options:
⦿ Kemajuan peserta didik (raport)
⦿ Dokumen display karya peserta didik
⦿ Catatan portofolio peserta didik
⦿ Catatan anekdot peserta didik
⦿ Catatan harian peserta didik
Question 7 (1 point)
Pak Guru Abrizam mengadakan konsultasi individual dengan cara mewawancarai peserta didik secara informal untuk mengetahui prestasi peserta didik dan permasalahan yang mungkin mereka hadapi baik akademik maupun non akademik. Pak Guru Abrizam dalam hal ini sedang melakukan salah satu ......
Question 7 options:
⦿ teknik mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
⦿ teknik menentukan media pembelajaran
⦿ teknik menentukan strategi pembelajaran
⦿ teknik layanan konseling kepada peserta didik
⦿ teknik mengidentifikasi struktur kognitif peserta didik
Question 8 (1 point)
Diagnosis kemampuan awal (recognition of prior learning) merupakan salah satu variabel penting dalam penentuan hal-hal berikut ini, kecuali .....
Question 8 options:
⦿ desain pembelajaran
⦿ evaluasi pembelajaran
⦿ media pembelajaran
⦿ karakteristik peserta didik
⦿ strategi pembelajaran
Question 9 (1 point)
Kemampuan awal peserta didik adalah pemahaman, pengalaman, pengetahuan prasyarat, dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai .....
Question 9 options:
⦿ subsumptive knowledge
⦿ skemata
⦿ struktur kognitif
⦿ basis data pengalaman (experiential data base)
⦿ advance organizers
Question 10 (1 point)
Salah satu komponen penting yang diperlukan dalam mendesain suatu mata pelajaran kaitannya dengan diagnosis kebutuhan instruksional adalah dengan mengidentifikasi ....
Question 10 options:
⦿ karakteristik umum peserta didik
Salah satu komponen penting yang diperlukan dalam mendesain suatu mata pelajaran kaitannya dengan diagnosis kebutuhan instruksional adalah dengan mengidentifikasi ....
Question 10 options:
⦿ karakteristik umum peserta didik
⦿ kondisi fisik dan psikologis peserta didik
⦿ kemampuan awal peserta didik
⦿ gaya belajar peserta didik
⦿ karakteristik gender dan usia peserta didik
Test Formatif Modul 4 Kegiatan Belajar 3
Question 1 (1 point)
Guru meminta peserta didik untuk memilih tokoh favorit dan menuliskan karakteristik tokoh tersebut yang bisa diteladani, hal ini untuk menstimulasi kecerdasan…
Question 1 options:
⦿ Visual spasial
⦿ Interpersonal
⦿ Intrapersonal
⦿ Verbal linguistic
⦿ Kinestetis
Question 2 (1 point)
Di sekolah tertulis beberapa aturan seperti 'dilarang menginjak rumput', 'mencoret – coret meja'hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan…
Question 2 options:
⦿ verbal linguistik
⦿ Kinestetis
⦿ logis matematis
⦿ Naturalis
⦿ Visual spasial
Question 3 (1 point)
Saat proses pembelajaran peserta didik diminta untuk berkumpul berdasarkan minat, upaya ini dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan…
Question 3 options:
⦿ Logis matematis
⦿ Verbal linguistik
⦿ Visual spasial
⦿ Intrapersonal
⦿ Interpersonal
Question 4 (1 point)
Guru meminta peserta didik untuk menutup mata dan mengenali dan menyebutkan nama benda dari teksturnya hal ini merupakat bagian dari kecerdasan…
Question 4 options:
⦿ Visual spasial
⦿ logis matematis
⦿ Naturalis
⦿ verbal linguistic
⦿ Kinestetis
Question 5 (1 point)
Menambahkan referensi pembelajaran dengan daftar lagu yang cukup popular dan meminta peserta didik untuk menganalisisnya merupakan kegiatan musikal yaitu..
Question 5 options:
⦿ Diskografi
⦿ musik super memori
⦿ Musik suasana
⦿ Konsep musikal
⦿ Senandung irama
⦿ kemampuan awal peserta didik
⦿ gaya belajar peserta didik
⦿ karakteristik gender dan usia peserta didik
Test Formatif Modul 4 Kegiatan Belajar 3
Question 1 (1 point)
Guru meminta peserta didik untuk memilih tokoh favorit dan menuliskan karakteristik tokoh tersebut yang bisa diteladani, hal ini untuk menstimulasi kecerdasan…
Question 1 options:
⦿ Visual spasial
⦿ Interpersonal
⦿ Intrapersonal
⦿ Verbal linguistic
⦿ Kinestetis
Question 2 (1 point)
Di sekolah tertulis beberapa aturan seperti 'dilarang menginjak rumput', 'mencoret – coret meja'hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan…
Question 2 options:
⦿ verbal linguistik
⦿ Kinestetis
⦿ logis matematis
⦿ Naturalis
⦿ Visual spasial
Question 3 (1 point)
Saat proses pembelajaran peserta didik diminta untuk berkumpul berdasarkan minat, upaya ini dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan…
Question 3 options:
⦿ Logis matematis
⦿ Verbal linguistik
⦿ Visual spasial
⦿ Intrapersonal
⦿ Interpersonal
Question 4 (1 point)
Guru meminta peserta didik untuk menutup mata dan mengenali dan menyebutkan nama benda dari teksturnya hal ini merupakat bagian dari kecerdasan…
Question 4 options:
⦿ Visual spasial
⦿ logis matematis
⦿ Naturalis
⦿ verbal linguistic
⦿ Kinestetis
Question 5 (1 point)
Menambahkan referensi pembelajaran dengan daftar lagu yang cukup popular dan meminta peserta didik untuk menganalisisnya merupakan kegiatan musikal yaitu..
Question 5 options:
⦿ Diskografi
⦿ musik super memori
⦿ Musik suasana
⦿ Konsep musikal
⦿ Senandung irama
Question 6 (1 point)
Peserta didik diminta untuk membuat dugaaan pada populasi hewan langka yang semakin sedikit hal ini termasuk kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan….
Question 6 options:
⦿ Naturalis
⦿ logis matematis
⦿ verbal linguistic
⦿ Kinestetis
Peserta didik diminta untuk membuat dugaaan pada populasi hewan langka yang semakin sedikit hal ini termasuk kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan….
Question 6 options:
⦿ Naturalis
⦿ logis matematis
⦿ verbal linguistic
⦿ Kinestetis
⦿ Visual spasial
Question 7 (1 point)
Guru memberikan penugasan untuk membuat foto dan membuat film pada saat di outing di museum merupakan stimulus kecerdasan…..
Question 7 options:
⦿ Kinestetis
⦿ verbal linguistic
⦿ logis matematis
⦿ Visual spasial
⦿ Naturalis
Guru memberikan penugasan untuk membuat foto dan membuat film pada saat di outing di museum merupakan stimulus kecerdasan…..
Question 7 options:
⦿ Kinestetis
⦿ verbal linguistic
⦿ logis matematis
⦿ Visual spasial
⦿ Naturalis
Question 8 (1 point)
Peserta didik diminta untuk membuat buku harian sebanyak 250 kata setiap harinya merupakan upaya untuk mengembangkan kecerdasan…..
Question 8 options:
⦿ Interpersonal
⦿ Logis matematis
⦿ Verbal Linguistic
⦿ Intrapersonal
⦿ Visual spasial
Question 9 (1 point)
Guru mengajarkan materi geografi dengan menayangkan gambar tempat wisata yang sedang viral hal ini merupakan prinsip motivasi….
Question 9 options:
⦿ Perhatian
⦿ Akurat
⦿ Percaya diri
⦿ Kepuasan
⦿ Relevansi
Question 10 (1 point)
Peserta didik menikmati menciptakan model baru dan hal-hal praktis yang dihasilkan dari pengembangan pembelajaran dan konsep baru mereka merupakan proses berpikir
Question 10 options:
⦿ Abstract Sequential Thinkers
⦿ Concrete Random Thinkers
⦿ Operational Concrete Thinkers
⦿ Abstract Random Thinkers
⦿ Concrete Sequential Thinkers
Peserta didik diminta untuk membuat buku harian sebanyak 250 kata setiap harinya merupakan upaya untuk mengembangkan kecerdasan…..
Question 8 options:
⦿ Interpersonal
⦿ Logis matematis
⦿ Verbal Linguistic
⦿ Intrapersonal
⦿ Visual spasial
Question 9 (1 point)
Guru mengajarkan materi geografi dengan menayangkan gambar tempat wisata yang sedang viral hal ini merupakan prinsip motivasi….
Question 9 options:
⦿ Perhatian
⦿ Akurat
⦿ Percaya diri
⦿ Kepuasan
⦿ Relevansi
Question 10 (1 point)
Peserta didik menikmati menciptakan model baru dan hal-hal praktis yang dihasilkan dari pengembangan pembelajaran dan konsep baru mereka merupakan proses berpikir
Question 10 options:
⦿ Abstract Sequential Thinkers
⦿ Concrete Random Thinkers
⦿ Operational Concrete Thinkers
⦿ Abstract Random Thinkers
⦿ Concrete Sequential Thinkers
Lanjut!=====>>>>
0 Response to "Soal dan Kuci Jawaban Test Formatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 4 Kegiatan Belajar 1,2,3) "
Post a Comment