Soal dan Kuci Jawaban Test Formatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 5 Kegiatan Belajar 1,2,3,4)
Test Formatif Modul 5 Kegiatan Belajar 1
Question 1 (1 point)
Metode pembelajaran sekarang lebih inovatif, berpusat pada keaktifan belajar siswa (student centered learning-SCL), kontekstual, memanfaatkan aneka sumber belajar dan teknologi pendidikan secara integratif dengan materi pembelajaran serta menggunakan bermacam-macam pendekatan dan langkah kegiatan pembelajaran. Pendekatan saintifik dilandasi dengan penerapan metode ...
Question 1 options:
⦿ ceramah
⦿ sains
⦿ ilmiah
⦿ diskusi
Question 2 (1 point)
Salah satu dampak instruksional pada model pembelajaran simulasi, yaitu ...
Question 2 options:
⦿ kemandirian sebagai siswa meningkat
⦿ responsif pada umpan balik
⦿ lebih memahami permasalah kontektual
⦿ sensitifitas pada hubungan sebab dan pengaruh
⦿ kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
Question 3 (1 point)
Tahap-tahap atau langkah-langkah operasional kegiatan pembelajaran dari suatu model pembelajaran disebut ...
Question 3 options:
⦿ prinsip reaksi
⦿ sistem pendukung
⦿ sintakmatik
⦿ prosedur
⦿ sistem sosial
Question 4 (1 point)
Terdapat beragam model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan pendekatan sainfitik, dan salah satunya adalah cooperative learning. Apa itu yang dimaksud kooperatif learning ...
Question 4 options:
⦿ strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis di mana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil
⦿ strategi pembelajaran yang melibatkan perilaku koreksi diri
⦿ strategi pembelajaran yang menyajikan situasi permasalahan kepada siswa dan dapat berfungsi sebagai batu loncatan dalam penyelidikan
⦿ strategi pembelajaran individual yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerja masing-masing
⦿ strategi pembelajaran yang mengintegrasikan metode, bahan ajar, dan media pembelajaran secara sistematis
Question 5 (1 point)
Urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah ...
Question 5 options:
⦿ Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
⦿ Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
⦿ Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
⦿ Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
⦿ orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
Question 6 (1 point)
Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang berlandaskan paham konstruktivistik yang mengakomodasi keterlibatan siswa dalam belajar dan pemecahan masalah otentik. Karakteristik masalah yang digunakan pada model problem based learning adalah ...
Question 6 options:
⦿ luas dan detail
⦿ kompleks dan lengkap
⦿ abstrak dan menyeluruh
⦿ otentik dan bermakna
⦿ tematik, dan kompleks
Question 7 (1 point)
Peranan guru dalam menerapkan model problem based learning sebagai ...
Question 7 options:
⦿ pelatih
⦿ penentu
⦿ pembimbing
⦿ pelaksana
⦿ sumber belajar
Question 8 (1 point)
Model pembelajaran project based cooperative learning model pembelajaran yang dianggap menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. Model project based cooperative learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan ...
Question 8 options:
⦿ penugasan
⦿ kelompok
⦿ masalah
⦿ proyek
⦿ kooperatif
Question 9 (1 point)
Proses penilaian pada model project based cooperative learning dilakukan oleh ...
Question 9 options:
⦿ guru
⦿ kepala sekolah
⦿ guru dan siswa
⦿ siswa
⦿ teman sebaya
Question 10 (1 point)
Penggunaan model simulasi sudah diterapkan di dalam dunia pendidikan lebih dari tiga puluh tahun. Pelaksanaan model simulasi pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan pemahaman terhadap suatu peristiwa yang mengarah kepada keterampilan psikomotorik agar kegiatan lebih bermakna bagi siswa. Berikut ini peran guru dalam model pembelajaran simulasi, kecuali ...
Question 10 options:
⦿ menjadi penengah
⦿ melatih
⦿ pemeran simulasi
⦿ mendemonstrasikan
⦿ mendiskusikan
Test Formatif Modul 5 Kegiatan Belajar 2
Question 1 (1 point)
Konsep Kemp dan Dayton (1985), manfaat media pembelajaran adalah ...
Question 1 options:
⦿ Lebih efisien biaya produksi
⦿ Lebih menghemat tenaga dan waktu dalam proses pembelajaran
⦿ Meningkatkan profesionalisme guru
⦿ Penyampaian materi ajar lebih mudah
⦿ Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
Question 2 (1 point)
Pak Aton, guru seni musik di SMP akan menerapkan strategi mendemonstrasikan dengan media untuk pembelajaran keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick, namun sayangnya tangan jari tangan kanannya sedang cidera. Menurut Sdr. jenis media apa yang relevan dipilih oleh Pak Anton ...
Question 2 options:
⦿ Demonstrasi dilakukan seorang siswa yang sudah terampil bermain gitar teknik Holding Pick
⦿ Program siaran langsung TV edukasi tentang teknik Holding Pick
⦿ Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick
⦿ Program presentasi, yang menjelaskan prosedur bermain gitar teknik Holding Pick
⦿ Media cetak, LKPD yang menjelaskan prosedur keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick
Question 3 (1 point)
Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran adalah ...
Question 3 options:
⦿ Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran
⦿ Komunikator, guru, materi, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
⦿ Komunikator, komunikan, materi ajar, pesan, dan strategi penyampaian
⦿ Guru, siswa, materi, metode penyampaian, dan media pembelajaran
⦿ Siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
Question 4 (1 point)
Fungsi media pembelajaran adalah ...
Question 4 options:
⦿ Menggantikan peran guru dalam pembelajaran teori maupun praktik
⦿ Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistis
⦿ Meningkatkan hasil belajar siswa
⦿ Meningkatkan komunikasi multiarah antara siswa, lingkungan, dan bahan ajar
⦿ Sebagai alat bantu pembelajaran
Question 5 (1 point)
Seorang guru SMP kebingungan dalam memilih media pembelajaran yang relevan. Menurut Sdr. kriteria dominan yang paling menentukan dalam pemilihan media pembelajaran ...
Question 5 options:
⦿ Biaya produksi media yang murah
⦿ Kemampuan dan karakter guru
⦿ Ketersediaan sumber di sekolah
⦿ Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
⦿ Kesesuaian dengan Model atau strategi pembelajaran
Question 6 (1 point)
Media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan prosedur adalah ...
Question 6 options:
⦿ Modul pembelajaran
⦿ Program slide suara
⦿ Media grafis terstruktur .
⦿ Media gambar berseri
⦿ Program video instruksional
Question 7 (1 point)
Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center learning adalah ...
Question 7 options:
⦿ Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
⦿ Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memanipulasi gambar, suara, video dan animasi.
⦿ Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
⦿ Teknologi yang dapat mentransformasi pesan, sehingga peserta didik berminat, dan menarik mengkuti pembelajaran yang bervariasi
⦿ Sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
Question 8 (1 point)
Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah ...
Question 8 options:
⦿ Instruktur, buku, job sheet, dan peralatan praktik
⦿ Alat peraga, guru, buku paket pelajaran, dan LKPD
⦿ Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar
⦿ Kepala sekolah, guru, guru BK, dan instruktur
⦿ Guru, instruktur, job sheet, dan bengkel
Question 9 (1 point)
Desain tampilan multimedia kata-kata, gambar, dan video yang disajikan saling berdekatan dalam satu slide, merupakan penerapan prinsip ...
Question 9 options:
⦿ Kesinambungan waktu
⦿ Modalitas belajar
⦿ Kesinambungan spasial
⦿ Koherensi
⦿ Redunansi
Question 10 (1 point)
Pengertian multimedia pembelajaran menurut Hackbart (1996) adalah ...
Question 10 options:
⦿ Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
⦿ Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu program yang terintegrasi
⦿ Menggabungkan media teks, video, grafis, suara, animasi dan interaktif secara terintegrasi
⦿ Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien, efektif dan berdayaguna
⦿ Suatu program pembelajaran yang mencakup berbagai sumber yang terintegrasi berbagai unsur-unsur media dalam suatu program (software) komputer
Test Formatif Modul 5 Kegiatan Belajar 3
Question 1 (1 point)
Definisi bahan ajar yang tepat yaitu
Question 1 options:
⦿ Bahan atau materi pelajaran yang disusun sistematis untuk digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
⦿ Bahan ajar ayng mengintegrasikan unsur teks, audio, visual, dan interkatif yang mampu mengtransfer pengetahuan dari guru ke siswa
⦿ Bahan ajar adalah segala bentuk bahan (informasi, alat, dan teks) yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan rapat
⦿ Bahan yang digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam proses penilaian.
⦿ Materi pelengkap bagi siswa dalam belajar.
Question 2 (1 point)
Dalam teori psikologi pengembangan modul elekronik dapat mengacu pada teori-teori psikologi, sosiokultural, desain pembelajaran, teori belajar dan teori
Question 2 options:
⦿ tipology
⦿ repository
⦿ framming
⦿ sinematografi
⦿ layout
Question 3 (1 point)
Berikut karakteristik bahan ajar yang baik, kecuali
Question 3 options:
⦿ Self-instructional
⦿ Self-regulated
⦿ Interaktive
⦿ User Friendly
⦿ Self-contained
Question 4 (1 point)
Bahan ajar cetak merupakan bagian dari media pendidikan. Hingga saat ini, bahan ajar cetak masih merupakan bahan ajar utama atau baku dalam proses pembelajaran di sebagan besar sekolah. Bahan ajar cetak yang mampu dipelajari oleh peserta didik tanpa bantuan guru disebut bahan ajar yang memiliki karakteristik
Question 4 options:
⦿ Self-explanatory power
⦿ Self-instructional
⦿ Self-regulated
⦿ Self-spacing
⦿ Self-contained
Question 5 (1 point)
Berikut ini manakah yang tidak termasuk karakteristik bahan ajar cetak Modul
Question 5 options:
⦿ Flexible
⦿ Drill and practice
⦿ Mobile learning materials
⦿ Individualize learning
⦿ Uncommunicative
Question 6 (1 point)
Bahan pembelajaran cetak Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar yang sederhana, komponennya didominasi oleh
Question 6 options:
⦿ Analisis kompetensi
⦿ Soal-soal dan latihan
⦿ Penugasan
⦿ Paparan materi
⦿ Soal-soal, latihan dan tes kemampuan
Question 7 (1 point)
Berikut Bahan ajar cetak sederhana yang dapat digunakan untuk bahan rujukan, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menilai hasil belajar adalah
Question 7 options:
⦿ Lembar Kerja Siswa (LKS)
⦿ Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
⦿ Modul
⦿ Buku Teks
⦿ Handout
Question 8 (1 point)
Bahan ajar noncetak (digital) merupakan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dalam mendorong berbagai lembaga pendidikan kita untuk memanfaatkan bahan ajar noncetak yang menarik. Berikut ini manakah bahan ajar noncetak yang 100% kembangkan menggunakan komputer
Question 8 options:
⦿ Program Radio Edukasi
⦿ Video Pembelajaran
⦿ Audio Pembelajaran
⦿ Program simulasi
⦿ Multimedia Pembelajaran Interaktif
Question 9 (1 point)
Pada daerah terpencil, sulit akses internet dan keterbatasan fasilitas penunjang, bahan ajar non cetak yang efektif digunakan untuk pendidikan di sekolah dasar adalah
Question 9 options:
⦿ Program Radio Pendidikan
⦿ Modul Elektronik/Buku Sekolah Elektronik
⦿ Program Video Pembelajaran
⦿ PowerPoint Presentation (PPT)
⦿ Ebook
Question 10 (1 point)
Manakah yang tidak termasuk langkah-langkah mengembangkan program Audio pembelajaran
Question 10 options:
⦿ shooting
⦿ membuat storyboard
⦿ judgement expert
⦿ dubbing
⦿ insert ClipArt
Test Formatif Modul 5 Kegiatan Belajar 4
Question 1 (1 point)
Merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016, karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah adalah ...
Question 1 options:
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model scientific
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara berkesimbungan, dan fokus model pembelajaran inqury
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara utuh, dan pendekatan student centred learning
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model pembelajaran berbasis masalah
⦿ Pengembangan ranah kognitif secara utuh, dan pendekatan student centred learning
Question 2 (1 point)
Sintaks model scientific meliputi ...
Question 2 options:
⦿ mengamati, menanya, mendiskusikan, menegosiasikan, dan mengkomunikasikan
⦿ mengamati, menanya, membuat hipotesis, menegosiasikan, dan menyusun laporan penelitian
⦿ mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
⦿ menidentifikasi masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menyusun laporan
⦿ Membaca data, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan membuat laporan
Question 3 (1 point)
Dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 menjelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya ...
Question 3 options:
⦿ Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
⦿ Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
⦿ Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
⦿ Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
⦿ Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
Question 4 (1 point)
Pernyataan berikut yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran (Permendikbud RI No 22 tahun 2016) adalah ...
Question 4 options:
⦿ Pembelajaran yang bukan menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru
⦿ Dari peserta didik mencari tahu menuju peserta didik diberi tahu
⦿ Pembelajaran dapat diimplementasikan kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja
⦿ Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik
⦿ Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
Question 5 (1 point)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk satu ...
Question 5 options:
⦿ Satu sampai dua pertemuan
⦿ Satu kompetensi dasar
⦿ Satu kompetensi inti
⦿ Dua indikator
⦿ Tiga tujuan pembelajaran
Question 6 (1 point)
Dalam kurikulum 2013, model pembelajaran yang layak dikembangkan dalam RPP mengimplementasikan ...
Question 6 options:
⦿ Teacher centred learning model
⦿ Problem Based Learning Model
⦿ Contekstual Teaching Learning (CTL)
⦿ Mix centred learning models
⦿ Model Demonstrasi
Question 7 (1 point)
Dengan rumus pythagoras, siswa mampu menghitung sisi miring bangun siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan ...
Question 7 options:
⦿ Mengingat
⦿ Memahami
⦿ Mencipta
⦿ Menerapkan
⦿ Menganalisis
Question 8 (1 point)
Dengan disediakan dua magnet dan paku, siswa klas V SD melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang komponen ...
Question 8 options:
⦿ Audience
⦿ Behavior dan Degree
⦿ Degree
⦿ Kondisi
⦿ Kondisi dan tingkatan (degree)
Question 9 (1 point)
Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih adalah ...
Question 9 options:
⦿ Metode diskusi
⦿ Metode demonstrasi
⦿ Metode praktikum
⦿ Metode drill and practice
⦿ Metode eksperimen
Question 10 (1 point)
Bapak Agus menyadari bahwa belajar yang baik adalah memberikan pengalaman langsung pada siswa. Bapak Agus memilih metode pembelajaran relevan adalah ...
Question 10 options:
⦿ Metode diskusi
⦿ Metode praktikum demonstrasi
⦿ Metode role playing
⦿ Metode eksperimen
⦿ Metode simulasi
Lanjut!=====>>>>
0 Response to "Soal dan Kuci Jawaban Test Formatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 5 Kegiatan Belajar 1,2,3,4) "
Post a Comment