Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 1)
Question 1 (1 point)
Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari
Question 1 options:
⦿ Diterminisme teknologi
⦿ Diterminisme ICT
⦿ Diterminisme budaya
⦿ Diterminisme sosial
Question 2 (1 point)
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar
Question 2 options:
⦿ Model Kerja dan Belajar Digital-Age
⦿ Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
⦿ Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
⦿ Memfasilitasi pembelajar kekinian
⦿ Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
Question 3 (1 point)
Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
Question 3 options:
⦿ Media transformasi
⦿ Media konvergensi
⦿ Media Berbasis web
⦿ Multimedia
⦿ Media Berbasis TIK
Question 4 (1 point)
Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
Question 4 options
⦿ Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
⦿ Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
⦿ Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.
⦿ Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.
⦿ Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
Question 5 (1 point)
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
Question 5 options:
⦿ Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini.
⦿ Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
⦿ Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
⦿ Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.
⦿ Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbilkan pengaruh buruk
Question 6 (1 point)
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
Question 6 options:
⦿ Sebagai media promosi
⦿ Sebagai media hibran
⦿ Sebagai media sumber belajar
⦿ Sebagai media literasi
⦿ Sebagai media komunikasi
Question 7 (1 point)
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
Question 7 options:
⦿ Alternative tools
⦿ Independent tools
⦿ Interacting with others
⦿ Situational tools
⦿ Interactive tools
Question 8 (1 point)
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
Question 8 options:
⦿ proquest
⦿ wiki
⦿ web
⦿ blog
⦿ podcast
Question 9 (1 point)
Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah
Question 9 options:
⦿ Community of Practice (Komunitas Praktik)
⦿ Interacting with others
⦿ Interactive Instruction and Personal Response System
⦿ Personal Response System (PRS)
⦿ Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
Question 10 (1 point)
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
Question 10 options:
⦿ Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa
⦿ Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
⦿ Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
⦿ Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
⦿ Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
Question 11 (1 point)
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
Question 11 options:
⦿ sebagai media interaktif
⦿ Sebagai media komunikasi
⦿ Sebagai media promosi
⦿ Sebagai media sumber belajar
⦿ Sebagai media literasi
Question 12 (1 point)
Guru secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya dengan cara
Question 12 options:
⦿ Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
⦿ Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
⦿ Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
⦿ Model Kerja dan Belajar Digital-Age
⦿ Interaktif dan komunikatif
Question 13 (1 point)
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
Question 13 options:
⦿ Situational tools
⦿ Interactive tools
⦿ Media tools
⦿ Interacting with others
⦿ Alternative tools
Question 14 (1 point)
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia...
Question 14 options:
⦿ blog
⦿ proquest
⦿ wiki
⦿ podcast
⦿ web
Question 15 (1 point)
berikut yang bukan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah sebagai berikut...
Question 15 options:
⦿ Dubbing
⦿ Interacting with others
⦿ Interactive Instruction
⦿ Community of Practice (Komunitas Praktik)
⦿ Personal Response System (PRS)
Question 16 (1 point)
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan...
Question 16 options:
⦿ Peningkatan game online dalam pembelajaran
⦿ Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
⦿ Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
⦿ Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
⦿ Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
Question 17 (1 point)
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar...
Question 17 options:
⦿ Professional guru
⦿ Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
⦿ Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
⦿ Model Kerja dan Belajar Digital-Age
⦿ Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
Question 18 (1 point)
Guru dalam pembelajaran berbasis digital menggunakan perangkat digital handlehand. Hal ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa...
Question 18 options:
⦿ Mobile Assessment Tools
⦿ Interactive Instruction
⦿ Personal Response System (PRS)
⦿ Community of Practice
⦿ Mobile tools
Question 19 (1 point)
File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh langsung ke perangkat seluler adalah pengertian dari...
Question 19 options:
⦿ Web
⦿ html
⦿ blog
⦿ wiki
⦿ podcast
Question 20 (1 point)
Salah satu contoh konkret penggunaan aplikasi untuk media pembelajaran yang digunakan guru saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah...
Question 20 options:
⦿ powerpoint
⦿ Corel draw
⦿ Wiki
⦿ Microsoft word
⦿ macroflash media
Question 21 (1 point)
Rancangan pembelajaran abad 21 yang harus disiapkan guru mencakup tiga hal pokok berikut yang bukan termasuk tiga hal pokok tersebut...
Question 21 options:
⦿ masalah pembelajaran
⦿ strategi pembelajaran
⦿ inti materi pembelajaran
⦿ evaluasi pembelajaran
⦿ tujuan pembelajaran
Question 22 (1 point)
Model pembelajaran Cooperative Learning berikut yang paling sesuai untuk membelajarkan membaca dalam Bahasa Indonesia adalah....
Question 22 options:
⦿ Contextual Learning
⦿ Problem Solving
⦿ Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)
⦿ Learning Cycle(Daur Belajar)
⦿ Team Games Tournament(TGT)
Question 23 (1 point)
Rancangan pembelajaran di abad ke 21 diharapkan dapat disusun oleh guru dengan tujuan untuk...
Question 23 options:
⦿ mengembangkan kreativitas dan inovatif siswa
⦿ optimalisasi media berbasis online
⦿ menambah pengalaman dan pengetahuan guru
⦿ mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
⦿ mengembangkan potensi siswa melalui pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan media online.
Question 24 (1 point)
Model pembelajaran yang sering diterapkan guru pada pembelajaran abad 21 diantaranya...
Question 24 options:
⦿ Scientifik
⦿ konvensional
⦿ Inquiry
⦿ problem based learning
⦿ diskusi
Question 25 (1 point)
Mengapa dukungan infrastruktur pembelajaran berperan penting dalam pencapaian kompetensi di abad 21?
Question 25 options:
⦿ karena mencakup aspek desain yang fleksibel
⦿ informasi tak terbatas
⦿ desain yang mempersulit berhubungan dengan dunia luar/komunitas yang lebih luas.
⦿ karena menjadi faktor penunjang yang signifikan.
⦿ karena tidak memfasilitasi keterhubungan yang konstruktif
Question 26 (1 point)
Penyusunan rancangan pembelajaran pada Kurikulum 2013 tentang penilaian menyesuaikan karateristik belajar abad 21 bercirikan...
Question 26 options:
⦿ adanya observer dalam pembelajaran
⦿ adanya media teknologi berbasis online
⦿ adanya kerjasama tim
⦿ adanya penilaian autentik
⦿ adanya diskusi
Question 27 (1 point)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen rancangan pembelajaran berikut yang tidak termasuk komponen RPP yaitu...
Question 27 options:
⦿ metode pembelajaran
⦿ identitas mata pelajaran atau tema/subtema
⦿ penilaian kepala sekolah
⦿ identitas sekolah
⦿ materi pokok
Question 28 (1 point)
Siswa membuat keputusan, dan membuat kerangka kerja dan terdapat masalah yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya. Hal ini merupakan ciri khas dari model pembelajaran...
Question 28 options:
⦿ Project Oriented Learning
⦿ Problem Based Learning
⦿ Project Based Learning
⦿ Contextual Learning
⦿ Cooperative Learning
Question 29 (1 point)
Berikut ini yang merupakan tipe pembelajaran Cooperative Learning...
Question 29 options:
⦿ Think-Pair-Share
⦿ Project Based Learning
⦿ Contextual Learning
⦿ Problem Solving
⦿ Quantum Learning
Question 30 (1 point)
Berikut karakteristik model suatu pembelajaran 1) Working autonomy 2) Practical relevance 3) Learning of soft skills 4) Cooperation of university and practice Model pembelajaran yang sesuai karakteristik di atas adalah...
⦿ Question 30 options:
⦿ Project Based Learning
⦿ Problem Based Learning
⦿ Cooperative Learning
⦿ Project Oriented Learning
⦿ Contextual Learning
Lanjutkan!! =======>>>>
0 Response to "Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 1) "
Post a Comment