Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 4)
Question 1 (1 point)
Salah satu komponen penting yang diperlukan dalam mendesain suatu mata pelajaran kaitannya dengan diagnosis kebutuhan instruksional adalah dengan mengidentifikasi ....
Question 1 options:
⦿ karakteristik gender dan usia peserta didik
⦿ kondisi fisik dan psikologis peserta didik
⦿ kemampuan awal peserta didik
⦿ gaya belajar peserta didik
Question 2 (1 point)
Kemampuan awal peserta didik adalah pemahaman, pengalaman, pengetahuan prasyarat, dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai .....
Question 2 options:
⦿ skemata
⦿ advance organizers
⦿ basis data pengalaman (experiential data base)
⦿ struktur kognitif
⦿ subsumptive knowledge
Question 3 (1 point)
Diagnosis kemampuan awal (recognition of prior learning) merupakan salah satu variabel penting dalam penentuan hal-hal berikut ini, kecuali .....
Question 3 options:
⦿ strategi pembelajaran
⦿ evaluasi pembelajaran
⦿ karakteristik peserta didik
⦿ desain pembelajaran
⦿ media pembelajaran
Question 4 (1 point)
Pak Guru Abrizam mengadakan konsultasi individual dengan cara mewawancarai peserta didik secara informal untuk mengetahui prestasi peserta didik dan permasalahan yang mungkin mereka hadapi baik akademik maupun non akademik. Pak Guru Abrizam dalam hal ini sedang melakukan salah satu ......
Question 4 options:
⦿ teknik menentukan media pembelajaran
⦿ teknik mengidentifikasi struktur kognitif peserta didik
⦿ teknik mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
⦿ teknik menentukan strategi pembelajaran
⦿ teknik layanan konseling kepada peserta didik
Question 5 (1 point)
Teknik mendeteksi kemampuan awal peserta didik dapat dilakukan diantaranya dengan menggunakan catatan atau dokumen yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi untuk mendeteksi kemampuan awal peserta didik. Catatan atau dokumen yang dimaksud adalah ......
Question 5 options:
⦿ Catatan anekdot peserta didik
⦿ Dokumen display karya peserta didik
⦿ Catatan harian peserta didik
⦿ Catatan portofolio peserta didik
⦿ Kemajuan peserta didik (raport)
Question 6 (1 point)
Kemampuan awal pada dasarnya memiliki dua pengaruh signifikan terhadap peserta didik dimana pengaruh tersebut sangat penting ketika guru akan mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu pengaruh yang dimaksud adalah sebagai berikut ini kecuali ........
Question 6 options:
⦿ Mengelaborasi kemampuan peserta didik dalam menggunakan analogi
⦿ Mereduksi peserta didik dalam menggunakan struktur yang sudah ada
⦿ Menggali kemampuan peserta didik dalam menggabungkan pengetahuan lama dan baru
⦿ Mendorong peserta didik dalam me-recall pengetahuan lama untuk mempermudah pemerolehan pengetahuan baru
⦿ Bagaimana peserta didik mengorganisasi informasi atau pengetahuan baru
Question 7 (1 point)
Ibu Guru Nathifa mengajukan serangkaian pertanyaan kepada peserta didik yang dirancang secara khusus untuk membantu mereka menggunakan pengetahuan sebelumnya sehingga mereka siap menerima materi yang akan diajarkan. Apa yang dilakukan oleh Ibu Guru Nathifa tersebut dimaksudkan untuk memicu .............
Question 7 options:
⦿ pengalaman
⦿ motivasi
⦿ minat
⦿ strategi kognitif
⦿ retensi
Question 8 (1 point)
Pak Guru Himawan melakukan pemeriksaan atau monitoring terhadap pengetahuan awal peserta didik yang diketahui salah (faulty prior knowledge) secara periodik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari. Apa yang dilakukan oleh Pak Guru Himawan tersebut disebut dengan .......
Question 8 options:
⦿ Strategi menganalisis kebutuhan instruksional
⦿ Strategi mengaktivasi kemampuan awal peserta didik
⦿ Strategi penentuan urutan materi pembelajaran
⦿ Strategi menganalisis skemata peserta didik
⦿ Strategi mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
Question 9 (1 point)
Jenis pengetahuan prosedural yang memerlukan kemampuan awal dengan jenis komponen keterampilan yang lebih sederhana disebut juga dengan ........
Question 9 options:
⦿ keterampilan intelektual
⦿ sikap
⦿ diskriminasi
⦿ strategi kognitif
⦿ psikomotor
Question 10 (1 point)
Kapabilitas belajar yang dimaksudkan untuk mengetahui seseorang memiliki keterampilan motorik disebut juga dengan .......
Question 10 options:
⦿ Keterampilan Intelektual
⦿ Kognitif
⦿ Sikap
⦿ Psikomotor
⦿ Afektif
Question 11 (1 point)
Guru meminta peserta didik untuk memilih tokoh favorit dan menuliskan karakteristik tokoh tersebut yang bisa diteladani, hal ini untuk menstimulasi kecerdasan…
Question 11 options:
⦿ Visual spasial
⦿ Verbal linguistic
⦿ Interpersonal
⦿ Kinestetis
⦿ Intrapersonal
Question 12 (1 point)
Di sekolah tertulis beberapa aturan seperti 'dilarang menginjak rumput', 'mencoret – coret meja'hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan…
Question 12 options:
⦿ Kinestetis
⦿ verbal linguistik
⦿ Visual spasial
⦿ Naturalis
⦿ logis matematis
Question 13 (1 point)
Saat proses pembelajaran peserta didik diminta untuk berkumpul berdasarkan minat, upaya ini dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan…
Question 13 options:
⦿ Intrapersonal
⦿ Logis matematis
⦿ Visual spasial
⦿ Verbal linguistik
⦿ Interpersonal
Question 14 (1 point)
Guru meminta peserta didik untuk menutup mata dan mengenali dan menyebutkan nama benda dari teksturnya hal ini merupakat bagian dari kecerdasan…
Question 14 options:
⦿ Visual spasial
⦿ verbal linguistic
⦿ Naturalis
⦿ Kinestetis
⦿ logis matematis
Question 15 (1 point)
Menambahkan referensi pembelajaran dengan daftar lagu yang cukup popular dan meminta peserta didik untuk menganalisisnya merupakan kegiatan musikal yaitu..
Question 15 options:
⦿ Senandung irama
⦿ musik super memori
⦿ Musik suasana
⦿ Konsep musikal
⦿ Diskografi
Question 16 (1 point)
Peserta didik diminta untuk membuat dugaaan pada populasi hewan langka yang semakin sedikit hal ini termasuk kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan….
Question 16 options:
⦿ Visual spasial
⦿ Kinestetis
⦿ Naturalis
⦿ logis matematis
⦿ verbal linguistic
Question 17 (1 point)
Guru memberikan penugasan untuk membuat foto dan membuat film pada saat di outing di museum merupakan stimulus kecerdasan…..
Question 17 options:
⦿ verbal linguistic
⦿ Naturalis
⦿ logis matematis
⦿ Visual spasial
⦿ Kinestetis
Question 18 (1 point)
Peserta didik diminta untuk membuat buku harian sebanyak 250 kata setiap harinya merupakan upaya untuk mengembangkan kecerdasan…..
Question 18 options:
⦿ Intrapersonal
⦿ Interpersonal
⦿ Logis matematis
⦿ Verbal Linguistic
⦿ Visual spasial
Question 19 (1 point)
Guru mengajarkan materi geografi dengan menayangkan gambar tempat wisata yang sedang viral hal ini merupakan prinsip motivasi….
Question 19 options:
⦿ Relevansi
⦿ Akurat
⦿ Percaya diri
⦿ Kepuasan
⦿ Perhatian
Question 20 (1 point)
Peserta didik menikmati menciptakan model baru dan hal-hal praktis yang dihasilkan dari pengembangan pembelajaran dan konsep baru mereka merupakan proses berpikir
Question 20 options:
⦿ Concrete Random Thinkers
⦿ Concrete Sequential Thinkers
⦿ Abstract Random Thinkers
⦿ Abstract Sequential Thinkers
⦿ Operational Concrete Thinkers
Question 21 (1 point)
Karakteristik umum peserta didik meliputi beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut?
Question 21 options:
⦿ Status sosial
⦿ Gender
⦿ Kultural
⦿ Minat
⦿ Gaya belajar
Question 22 (1 point)
Bu Beta seorang guru Sekolah Dasar, setiap kali melakukan proses pembelajaran kepada peserta didiknya sering menggunakan benda nyata, kadang-kadang kalau tidak ditemukan benda nyata maka diganti dengan model/tiruannya. Bu Beta melakukan demikian dengan alasan peserta didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektualnya berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Beta mengaplikan salah satu aspek karakteristik peserta didik yaitu…..
Question 22 options:
⦿ Status sosial
⦿ Usia
⦿ Etnik
⦿ Gender
⦿ Kultural
Question 23 (1 point)
Perkembangan intelektual peserta didik usia Taman kanak-kanak berada pada fase:
Question 23 options:
⦿ Pra operasional
⦿ Sensori motor
⦿ Masa genital
⦿ Operasional konkrit
⦿ Operasional formal
Question 24 (1 point)
Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 24 options:
⦿ Minat
⦿ Status sosial
⦿ Usia
⦿ Etnik
⦿ Kultural
Question 25 (1 point)
Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 25 options:
⦿ Minat
⦿ Usia
⦿ Gender
⦿ Kultural
⦿ Etnik
Question 26 (1 point)
Guru ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Dalam pembelajaran tersebut sebenarnya guru memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 26 options:
⦿ Gender
⦿ Kultural
⦿ Usia
⦿ Minat
⦿ Etnik
Question 27 (1 point)
Guru A merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik pilihannya lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut sangat memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Question 27 options:
⦿ Etnik
⦿ Minat
⦿ Kultural
⦿ Gender
⦿ Status sosial
Question 28 (1 point)
Pada peringatan hari sumpah pemuda yang diselenggaran di Sekolah Dasar Garuda, guru menghimbau untuk menggunakan busana daerah masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik, terutama aspek:
Question 28 options:
⦿ Minat
⦿ Status Sosial
⦿ Gender
⦿ Usia
⦿ Etnik
Question 29 (1 point)
Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang memperhatikan apa yang sedang dibahasnya dan kurang aktif dalam belajar. Guru tersebut berarti memperhatikan aspek perkembangan peserta didik yaitu:
Question 29 options:
⦿ Status sosial
⦿ Etnik
⦿ Usia
⦿ Gender
⦿ Minat
Question 30 (1 point)
Minat merupakan salah satu karakteristik umum peserta didik, memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk melihat peserta didik memiliki minat tinggi atau tidak dapat dilihat dari indikator yang tampak dari peserta didik tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu...
Question 30 options:
⦿ Ketertarikan
⦿ Rasa senang
⦿ Perhatian
⦿ Keterlibatan
⦿ Rasa Percaya
Lanjutkan!! =======>>>>
0 Response to "Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 4) "
Post a Comment