Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 6)
Question 1 (1 point)
Salah satu indikator keberhasilan pendidik mengajar adalah hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik harus mencakup ketiga ranah kemampuan yakni kognitip, afektip, dan psikomotorik. Untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar tersebut itu harus dilaksanakan pengukuran. Pengukuran dapat diartikan sebagai proses....
Question 1 options:
⦿ Memberi bentuk kualitatif pada hasil belajar
⦿ Membuat sekor standar hasil belajar
⦿ Mengkuantifikasikan hasil belajar
⦿ Menentukan tingkat KKM hasil belajar
Question 2 (1 point)
Berdasarkan hasil pengukuran dapat dilakukan proses penilaian berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Peneliaian hasil belajar pada dasarnya adalah kegiatan ....
Question 2 options:
⦿ Menyamakan sekor hasil belajar
⦿ Menentukan lulus tidaknya peserta didik hasil
⦿ Memberi bentuk kuntitatif pada hasil belajar
⦿ Menetapkan KKM hasl belajar
⦿ Mendeskripsikan skala hasil belajar
Question 3 (1 point)
Penilaian hasil belajar harus dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut: obyektip, terpadu, sistematis, terbuka, akuntabel, menyeluruh dan berkesinambungan, adil, valid, andal, dan manfaat. Penilaian hasil belajar yang difokuskan pada intergrasi antar ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik merupakan bentuk penilaian yang memegang prinsip....
Question 3 options:
⦿ akuntabel
⦿ Obyektip
⦿ Sistematis
⦿ Adil
⦿ Terpadu
Question 4 (1 point)
Penilaian harus sesuai dengan kriteria atau ketentuan sudah ditetapkan dan tidak dipengaruhi faktor subyektivitas penilai atau pertimbangan-pertimbangan lain yang tidak ada kaitannya dengan penilaian. Proses penilaian tersebut memperhatikan prinsip peniaian....
Question 4 options:
⦿ Bermanfat
⦿ Obyektip
⦿ Sistematis
⦿ Adil
⦿ Terbuka
Question 5 (1 point)
Untuk mengukur hasil peserta didik dapat digunakan tes bentuk atau tes bentuk uraian. Kedua macam bentuk tes ini memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Salah satu kelebihan tes uraian dibandingkan tes obyektip adalah....
Question 5 options:
⦿ Tingkat validitas tinggi
⦿ Informasi hasil tes lebih cepat
⦿ Mengukur kemampuan yang lebih kompleks
⦿ Lingkup materi lebih luas
⦿ Tingkat reliabilitas tinggi
Question 6 (1 point)
Dalam situasi dan kondisi tertentu, penggunaan tes bentuk obyektip untuk mengukur hasil belajar ternyata lebih menguntungkan dari pada tes bentuk uraian. Salah satu kelebihan tes obyektip dibanding tes bentuk ursian adalah....
Question 6 options:
⦿ Lingkup materi yang dujikan luas
⦿ Menjawab soal dengan ekspresi pikiran tanpa menebak
⦿ Proses koreksi hanya bisa dilakukan oleh si pembuat soal.
⦿ Mengembangkan daya nalar peserta tes
⦿ Mengukur kemampuan yang lebih kompleks
Question 7 (1 point)
Dalam lingkup pengujian hasil belajar yang luas penggunaan tes obyektip lebih menguntungkan daripada tes bentuk uraian. Namun demikian, penggunaan tes obyektif juga memiliki kelemahan dibandingkan tes uraian. Salah satu kelemahan terebut adalah....
Question 7 options:
⦿ Tingkat reliabilitas dan validitas soal rendah
⦿ Sifat soal cenderung hanya mengungkap pengetahuan yang dangkal
⦿ Jawaban yang diberikan peserta tes tidak terkait dengan pertanyaan
⦿ Tidak mengembangkan daya nalar peserta tes
⦿ Koreksi hasil tes relatif lama karena jumlah butir banyak
Question 8 (1 point)
Evaluasi program pendidikan dan pembelajaran dapat dilakukan secara makro dan mikro. Evaluasi program pendidikan yang bersifat makro adalah evaluasi yang dikenakan pada....
Question 8 options:
⦿ Akreditasi yang diraih oleh sekolah
⦿ Program pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan
⦿ Kualifikasi akademik pendidik
⦿ Program pembelajaran di kelas, dalam hal ini hasil belajar belajar peserta didik
⦿ Kualitas buku ajar dan sumber belajar
Question 9 (1 point)
Dalam kegiatan evaluasi, banyak model yang dapat digunakan sesuai dengan karakteristik obyek yang dievaluasi. Untuk memperoleh informasi yang lebih luas berkaitan dengan hasil belajar peserta didik model evaluasi yang lebih digunakan adalah....
Question 9 options:
⦿ Formatip - Sumatip
⦿ Model Tyler
⦿ Model ahli
⦿ Model Stake
⦿ Model CIPP
Question 10 (1 point)
Penilaian otentik pada hakekatnya berbeda dengan penilaian tradisional yang bisa dilakukan oleh pendidik di kelas. Salah satu karakteristik penilaian otentik adalah....
Question 10 options:
⦿ Peserta didik diminta untuk mencatat semua materi yang diajarkan
⦿ Peserta didik diminta untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari
⦿ Peserta didik diminta untuk menghafalkan materi yang diajarkan
⦿ Peserta didik diminta untuk membuat soal dan jawaban materi yang diajarkan
⦿ Peserta didik diminta untuk menambah materi yang diajarkan
Question 11 (1 point)
Penilaian otentik memiliki kelebihan dan kelemahan di bandingkan dengan penilaian tadisional. Salah satu kelebihan penilaian otentik adalah....
Question 11 options:
⦿ Mudah dan praktis untuk diterapkan di kelas yang banyak jumah peserta didiknya
⦿ Memudahkan pendidik untuk memberikan penilaian yang konsisten
⦿ Mudah dikoordinasikan dengan standar Pendidikan
⦿ Membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama dalam proses koordinasi
⦿ Meningkatkan kreativitas dan kerja yang bersifat kolaboratif
Question 12 (1 point)
Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian aseorang pendidik meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentuk berbentu....
Question 12 options:
⦿ Peniaian kinerja
⦿ Peniaian portofolio
⦿ Penilaian proyek
⦿ Penilaian diri
⦿ Penilaian antar teman
Question 13 (1 point)
Pada penilaian kinerja peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu dengan maksud agar peerta didik mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Instrumen yang dapat digunakan untuk merekam hasil belajar pada penilaian kinerja terebut adalah....
Question 13 options:
⦿ Peniaian diri sendiri
⦿ Lembar penilaian antar teman
⦿ Lembar jurnal
⦿ skala penilaian ( rating scale)
⦿ Kuesioner
Question 14 (1 point)
Penilaian otentik memiliki kelebihan dan kelemahan di bandingkan dengan penilaian tadisional. Salah satu kelebihan penilaian otentik adalah....
Question 14 options:
⦿ Membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama dalam proses koordinasi
⦿ Mudah dan praktis untuk diterapkan di kelas yang banyak jumah peserta didiknya
⦿ Memudahkan pendidik untuk memberikan penilaian yang konsisten
⦿ Mudah dikoordinasikan dengan standar Pendidikan.
⦿ Meningkatkan kreativitas dan kerja yang bersifat kolaboratif
Question 15 (1 point)
Seorang pendidik melakukan penilaian otentik yang ditujukan untuk menilai kemampuan melaksanakan keterampilan yang meliputi beberapa komponen dengan lancar, tepat, urut, dan efisien. Aspek keterampilan yang dinilai pendidik tersebut adalah aspek....
Question 15 options:
⦿ Gerakan kompleks
⦿ Gerakan terbimbing
⦿ Gerakan terbiasa
⦿ Kesiapan
⦿ Persepsi
Question 16 (1 point)
Berikut merupakan langkah-langkah dalam penulisan soal tes.
(a). Perumusan tujuan tes,
(b) Penulisan butir soal,
(c) Penyusunan kisi-kisi tes,
(d) Uji coba/analisis,
(e) Penentuan bentuk pelaksanaan tes,
(f) Penelaahan butir soal,
(g) Perakitan soal/perangkat tes.
Langkah-langkah secara runtut dalam penulisan soal tes yang benar adalah ...
Question 16 options:
⦿ (a), (e), (c), (f), (b), (d), (g)
⦿ (a), (e), (c), (b), (f), (d), (g)
⦿ (a), (c), (b), (d), (e), (f), (g)
⦿ (a), (d), (c), (b), (f), (e), (g)
⦿ (a), (b), (c), (d), (e), (f), (g)
Question 17 (1 point)
Perumusan tujuan tes dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, kecuali..
Question 17 options:
⦿ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
⦿ Kompetensi Guru penyusun soal
⦿ Kompetensi Dasar sesuai kurikulum yang berlaku
⦿ Penggunaan tes
⦿ Indikator Kompetensi Dasar
Question 18 (1 point)
Rumusan soal atau pertanyaan yang menuntut sehimpunan jawaban dengan konsep tertentu, dan dapat diidentifikasi kata-kata kunci jawabannya, adalah soal tes bentuk...
Question 18 options:
⦿ Lisan
⦿ Uraian objektif
⦿ Menjodohkan
⦿ Uraian subjektif
⦿ Pilihan Ganda
Question 19 (1 point)
Analisis kualitas perangkat soal tes hasil belajar secara teoritis adalah telaah soal yang difokuskan pada aspek ...
Question 19 options:
⦿ Materi, kebermaknaan butir, dan bahasa
⦿ Materi, konstruksi, dan teknik penulisan soal
⦿ Materi, kebermaknaan butir, dan keterbacaan soal
⦿ Materi, konstruksi, dan bahasa
⦿ Materi, bahasa, dan data lapangan
Question 20 (1 point)
Analisis kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek materi antara lain ....
Question 20 options:
⦿ Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
⦿ Soal harus sesuai dengan indikator
⦿ Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
⦿ Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
⦿ Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjaudari segi materi
Question 21 (1 point)
Berikut ini yang bukan merupakan kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek konstruksi...
Question 21 options:
⦿ Soal harus sesuai dengan indikator
⦿ Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar
⦿ Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
⦿ Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
⦿ Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda
Question 22 (1 point)
Parameter kualitatif berkaitan dengan analisis butir soal berdasarkan atas ...
Question 22 options:
⦿ Data ujicoba
⦿ Tingkat kesulitan soal
⦿ Daya beda soal
⦿ Tingkat keterbacaan (bahasa) soal
⦿ Pertimbangan ahli (expert judgement)
Question 23 (1 point)
Untuk lebih memahami makna reliabilitas dapat didekati dengan memperhatikan tiga aspek yang terkait dengan alat ukur, yaitu..
Question 23 options:
⦿ Kemantapan, ketepatan, dan homogenitas
⦿ Ketepatan, heteroginitas, dan homogenitas
⦿ Kecepatan, ketepatan, dan heteroginitas
⦿ Kemantapan, ketepatan, dan heteroginitas
⦿ Kecepatan, ketepatan, dan homogenitas
Question 24 (1 point)
Jika butir soal memiliki tingkat kesukaran 1,00 berarti ...
Question 24 options:
⦿ Butir soal cukup mudah
⦿ Butir soal terlalu sulit
⦿ Butir soal terlalu mudah
⦿ Butir soal cukup sulit
⦿ Jawaban semua peserta tes salah
Question 25 (1 point)
Alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dikatakan baik jika ...
Question 25 options:
⦿ Jawaban pengecoh tidak terkait dengan materi pertanyaan
⦿ Setidaknya 5% dari peserta tes memilih jawaban tersebut.
⦿ Jawaban pengecoh disusun dengan kalimat yang sulit dipahami
⦿ Jawaban pengecoh mengarahkan peserta tes untuk memilih jawaban yang benar
⦿ Tidak satupun peserta tes yang memilih jawaban pengecoh
Question 26 (1 point)
Pengertian isitilah Omit dalam soal tes adalah ...
Question 26 options:
⦿ Butir soal tes yang tidak akan diskor (diperhitungkan)
⦿ Tidak ada jawaban yang benar
⦿ Lebih dari satu jawaban yang benar pada butir pertanyaan
⦿ Ketidaksesuaian antara pertanyaan dengan pilihan jawaban
⦿ Proporsi peserta tes yang tidak menjawab pada semua alternatif jawaban
Question 27 (1 point)
Berikut merupakan pernyataan yang salah mengenai validitas soal tes...
Question 27 options:
⦿ Memberikan kecermatan pengukuran
⦿ Mampu mengukur konsep yang diharapkan hendak diukur
⦿ Memberikan hasil yang tepat dan akurat
⦿ Menjalankan fungsi ukurnya
⦿ Memberikan konsistensi hasil pengukurannya
Question 28 (1 point)
Berikut yang bukan merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru...
Question 28 options:
⦿ Menyusun laporan hasil penilaian
⦿ Mengadministrasikan hasil penilaian
⦿ Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya rendah
⦿ Memperbaiki program pembelajaran
⦿ Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
Question 29 (1 point)
Berikut yang bukan contoh bentuk penilaian yang terkait dengan assessment of learning...
Question 29 options:
⦿ Uji Kompetensi Keahlian
⦿ Ujian Nasional
⦿ Ujian Akhir Semester
⦿ Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional
⦿ Pertanyaan/Quiz selama pembelajaran
Question 30 (1 point)
Contoh bentuk penilaian yang terkait dengan assessment for learning, dalam pembelajaran adalah ...
Question 30 options:
⦿ Ujian Akhir Semester
⦿ Ujian Nasional
⦿ Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional
⦿ Uji Kompetensi Keahlian
⦿ Pertanyaan/Quiz selama pembelajaran
Lihat!! =======>>>>
0 Response to "Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 6) "
Post a Comment