Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 5)

Question 1 (1 point)
Brown dkk. menyatakan bahwa dalam memilih media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut ...
Question 1 options:
⦿ Interaktivitas
⦿ Tujuan Pembelajaran
⦿ Kemampuan guru dalam menggunakan
⦿ Karakteristik siswa
⦿ Ketersediaan sumber listrik

Question 2 (1 point)
Merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016, karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah adalah ...
Question 2 options:
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model pembelajaran berbasis masalah
⦿ Pengembangan ranah kognitif secara utuh, dan pendekatan student centred learning
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara berkesimbungan, dan fokus model pembelajaran inqury
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara utuh, dan pendekatan student centred learning
⦿ Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model scientific

Question 4 (1 point)
Dalam kurikulum 2013, model pembelajaran yang layak dikembangkan dalam RPP mengimplementasikan ...
Question 4 options:
⦿ Contekstual Teaching Learning (CTL)
⦿ Problem Based Learning Model
⦿ Model Demonstrasi
⦿ Mix centred learning models
⦿ Teacher centred learning model

Question 5 (1 point)
Dengan rumus pythagoras, siswa mampu menghitung sisi miring bangun siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan ...
Question 5 options:
⦿ Menerapkan
⦿ Menganalisis
⦿ Mencipta
⦿ Mengingat
⦿ Memahami

Question 6 (1 point)
Dengan disediakan dua magnet dan paku, siswa klas V SD melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang komponen ...
Question 6 options:
⦿ Audience
⦿ Kondisi dan tingkatan (degree)
⦿ Behavior dan Degree
⦿ Degree
⦿ Kondisi (condition)

Question 7 (1 point)
Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih adalah ...
Question 7 options:
⦿ Metode diskusi
⦿ Metode eksperimen
⦿ Metode praktikum
⦿ Metode drill and practice
⦿ Metode demonstrasi

Question 8 (1 point)
Pendekatan saintifik merupakan bagian dari pendekatan pedagogis dalam kegiatan pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah. Pembelajaran secara umum dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada pendekatan saintifik, kegiatan pendahuluan diarahkan untuk ...
Question 8 options:
⦿ belajar materi secara lengkap
⦿ melakukan kegiatan belajar dengan metode ilmiah
⦿ melakukan validasi temuan materi yang telah dipelajari
⦿ memantapkan pemahaman peserta didik tentang tujuan dan pentingnya materi yang akan disampaikan
⦿ mengkonstruksi pengetahuan, sikap, serta keterampilannya

Question 9 (1 point)
Tahapan dari pengembangan saintifik meliputi ...
Question 9 options:
⦿ menanya, mencoba, menggali, menalar
⦿ menalar, mengamati, mencoba, melakukan komunikasi, menanya
⦿ melakukan komunikasi, menanya, mengumpulkan informasi, negosiasi
⦿ negosiasi, melakukan komunikasi, menanya, mencoba
⦿ mengamati, menanya, mencoba, menalar, melakukan komunikasi

Question 10 (1 point)
Salah satu dampak instruksional pada model pembelajaran simulasi, yaitu ...
Question 10 options:
⦿ sensitifitas pada hubungan sebab dan pengaruh
⦿ lebih memahami permasalah kontektual
⦿ responsif pada umpan balik
⦿ kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
⦿ kemandirian sebagai siswa meningkat

Question 11 (1 point)
Dalam sintak model simulasi Joyce Weil dan Calhoun (2009), manakah yang termasuk dalam tahap latihan partisipasi?
Question 11 options:
⦿ membuat skenario dan tujuan
⦿ memimpin aktivitas permainan dan menganalisis proses
⦿ menyajikan topik luas mengenai simulasi & konsep dalam aktivitas simulasi
⦿ memimpin aktivitas permainan dan administrasi permainan
⦿ menganalisis proses

Question 12 (1 point)
Kemp dan Dayton (1985) menjelaskan tiga fungsi utama media pembelajaran, yaitu ...
Question 12 options:
⦿ Meningkatkan perhatian siswa, merangsang pemikiran, dan memotivasi siswa
⦿ Mengkongkritkan konsep, menstransfer pengetahuan, dan meningkatkan hasil belajar
⦿ Memotivasi, menyajikan materi ajar, dan memberikan instruksi pembelajaran
⦿ Sumber belajar, alat bantu pembelajaran, dan memberikan instruksi pembelajaran
⦿ Menyajikan materi ajar, alat bantu pembelajaran, dan sumber belajar

Question 13 (1 point)
Pada sintak model Problem Based Learning (PBL) langkah mengembangkan dan menyajikan hasil karya merupakan tahap ke berapa?
Question 13 options:
⦿ tahap 4
⦿ tahap 5
⦿ tahap 2
⦿ tahap 3
⦿ tahap 1

Question 14 (1 point)
Model pembelajaran kooperatif terdapat banyak 50 tipe. Namun hanya beberapa yang biasa digunakan diunit satuan pendidikan formal. Berikut manakah yang bukan tipe pembelajaran kooperatif?
Question 14 options:
⦿ Group Investigation
⦿ Team Assisted Individualization
⦿ Inkuiri
⦿ STAD
⦿ JIGSAW

Question 15 (1 point)
Abad-21, yang merupakan abad pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi, sangat memungkinkan bagi para siswa, sebagai subjek belajar, dapat belajar apa saja, kapan saja, dan di mana saja, baik yang sengaja dirancang maupun yang tinggal diambil manfaatnya. Bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran disebut ...
Question 15 options:
⦿ materi ajar
⦿ media ajar
⦿ buku teks
⦿ media buku
⦿ bahan ajar

Question 16 (1 point)
Bahan ajar yang baik harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat, mutakhir, dengan komponen yang komprehensif, artinya bahan ajar telah memenuhi kriteria ...
Question 16 options:
⦿ konten
⦿ penyajian
⦿ Ilustrasi
⦿ komponen lengkap
⦿ unsur pelengkap

Question 18 (1 point)
Berikut syarat agar produk yang digunakan dalam pembelajaran dikatakan sebagai bahan ajar, kecuali ...
Question 18 options:
⦿ Materi disusun sistematis
⦿ Tertib
⦿ Inkonsisten
⦿ Memuat materi pelajaran
⦿ Materi pelajaran sistematis

Question 19 (1 point)
Prinsip pengembangan RPP sesuai permendikbud diantaranya adalah, kecuali ...
Question 19 options:
⦿ partisipasi aktif peserta didik
⦿ mengakomodasikan pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas pembelajaran
⦿ penerapan teknologi informasi dan komunikasi unintegrated
⦿ pemberian umpan balik dan tindak lanjut program pembelajaran
⦿ RPP disusun guru sebagai terjemahan dari kurikulum dan silabus

Question 20 (1 point)
Langkah: (1) Menyiapkan bahan yakni silabus,(2) Mengidentifikasi materi dan tujuan pembelajaran, (3) Menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai model pembelajaran yang dipilih, dan (4) Mengorganisasikan KD, merupakan langkah-langkah ...
Question 20 options:
⦿ langkah menyusun RPP
⦿ langkah mengembangkan buku
⦿ langkah menyusun Media
⦿ langkah mengembangkan MPI
⦿ langkah menyusun silabus

Question 21 (1 point)
Tujuan pembelajaran digunakan untuk mengukur ...
Question 21 options:
⦿ kemampuan umum siswa
⦿ indikator tercapainya tujuan proses belajar mengajar
⦿ mengukur hasil belajar siswa
⦿ penerimaan materi oleh siswa yang disampaikan guru
⦿ perilaku umum peserta didik

Question 22 (1 point)
Dengan diperlihatkan bangun segitiga siku-siku, siswa klas IV SD dapat menghitung sisi miring. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang komponen ...
Question 22 options:
⦿ Kondisi dan tingkatan (degree)
⦿ Audience
⦿ Behavior dan Degree
⦿ Kondisi (condition)
⦿ Degree

Question 23 (1 point)
Media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan prosedur adalah ...
Question 23 options:
⦿ Program video instruksional
⦿ Modul pembelajaran
⦿ Program slide suara
⦿ Media grafis terstruktur
⦿ Media gambar berseri

Question 24 (1 point)
Di antara lima pernyataan dibawah ini manakah ranah kognitif yang benar meliputi ...
Question 24 options:
⦿ Menerima, mengingat, memahami, meniru, manipulasi
⦿ Manipulasi, Artikulasi, Naturalisasi, Menghargai, menghayati
⦿ Memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta
⦿ mengamalkan, mengingat, memahami, menganalisis, meniru
⦿ Meniru, memanipulasi, menganalisis, mengevaluasi

Question 25 (1 point)
Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center learning adalah ...
Question 25 options:
⦿ Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memanipulasi gambar, suara, video dan animasi
⦿ Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
⦿ Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
⦿ Sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
⦿ Teknologi yang dapat mentransformasi pesan, sehingga peserta didik berminat, dan menarik mengkuti pembelajaran yang bervariasi

Question 26 (1 point)
Factor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran adalah ...
Question 26 options:
⦿ Komunikator, guru, materi, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
⦿ Komunikator, komunikan, materi ajar, pesan, dan strategi penyampaian
⦿ Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran
⦿ Siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
⦿ Guru, siswa, materi, metode penyampaian, dan media pembelajaran

Question 27 (1 point)
Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah ...
Question 27 options:
⦿ Kepala sekolah, guru, guru BK, dan instruktur
⦿ Alat peraga, guru, buku paket pelajaran, dan LKPD
⦿ Guru, instruktur, job sheet, dan bengkel
⦿ Instruktur, buku, job sheet, dan peralatan praktik
⦿ Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar

Question 28 (1 point)
Peserta didik dapat belajar lebih baik pada saat: kata-kata, gambar, dan video yang relevan disajikan secara simultan (bebarengan). Desian tampilan multimedia tersebut merupakan penerapan prinsip ...
Question 28 options:
⦿ Modalitas belajar
⦿ Redunansi
⦿ Prinsip kesinambungan waktu
⦿ Kesinambungan spasial
⦿ Koherensi

Question 29 (1 point)
Pengertian multimedia pembelajaran menurut Gayestik (1996) adalah ...
Question 29 options:
⦿ Sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video atau animasi
⦿ Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien, efektif dan berdayaguna
⦿ Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
⦿ Mengintegrasikan banyak media dalam satu pembelajaran secara interaktif
⦿ Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu program yang terintegrasi

Question 30 (1 point)
Jenis multimedia pembelajaran yang dapat menggantikan peran guru dalam menyampaikan materia ajar adalah ...
Question 30 options:
⦿ Multimedia simulator
⦿ Multimedia drill and practice
⦿ Multimedia eksperimen
⦿ Multimedia edutaiment (game)
⦿ Multimedia tutorial

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Kuci Jawaban Test Sumatif PPG Dalam Jabatan (Soal Pedagogik Modul 5) "

Post a Comment