Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PJOK SMA/SMK
Alur Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK Fase E (Kelas 10)
📊RASIONAL
Rasional Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan yang disusun secara logis menurut ururtan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, metode, gaya, dan teknik sesuai dengan karakteristik tugas gerak, peserta didik, dan lingkungan belajar. Semua itu diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah (keterampilan, pengetahuan, dan sikap) setiap peserta didik dengan menekankan pada kualitas kebugaran jasmani dan pembendaharaan gerak. Alur Tujuan Pembelajaran disusun berdasarkan metode pengurutan dari konten paling mudah ke konten paling sulit. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dilakukan berdasarkan pengalaman peserta didik pada fase E.
🔎CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase ini, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physical fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), menunjukkan perilaku dalam memimpin kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, selain itu juga dapat mengevaluasi sikap dan kebiasaan sebagai individu yang sehat dan aktif.
📑ELEMEN KETERAMPILAN GERAK
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan aktivitas olahraga air (kondisional) secara matang.
📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Permainan dan Olahraga Pilihan
Mempraktikkan hasil evaluasi permainan sebenarnya dengan menggunakan yang mengarah pada penguasaan keterampilan permainan (sederhana, invasi, net, lapangan) dan keterampilan olahraga (beladiri, atletik, tradisional).
1. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan
invasi (*)
1.1 Sepak Bola
1.2 Bola Basket
1.3 Bola Tangan
2. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan net
(*)
2.1 Bola Voli
2.2 Bulutangkis
2.3 Tenis Meja
3. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan lapangan (*)
3. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan lapangan (*)
3.1 Rounders
3.2 Baseball
3.3 Softball
4. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga beladiri (**)
4. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga beladiri (**)
4.1 Pencak silat
4.2 Karate
4.3 Taekwondo
5. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga atletik (*)
5. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga atletik (*)
5.1 Jalan Cepat
5.2 Lari Jarak Pendek
5.3 Lompat Jauh
5.4 Tolak Peluru
6. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga tradisional (**)
6. Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga tradisional (**)
6.1 Sepak Takraw
6.2 Permainan Tradisional Anak Indonesia
📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Aktivitas Gerak Berirama
Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.
📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Aktivitas Senam
Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan berbagai gerak dominan senam lantai.
📌Sub Elemen Keterampilan Gerak Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (Pilihan)
Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak salah satu gaya renang serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air
dengan koordinasi yang baik.
📑ELEMEN PENGETAHUAN GERAK
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga,
aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan aktivitas olahraga air (kondisional).
📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Permainan dan Olahraga Pilihan
Mengevaluasi permainan sebenarnya dengan menggunakan yang mengarah pada penguasaan keterampilan permainan (sederhana, invasi, net,
lapangan) dan keterampilan olahraga (beladiri, atletik, tradisional).
- Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan invasi (*)
- Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan net (*)
- Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai permainan lapangan (*)
- Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga beladiri (**)
- Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga atletik (*)
- Mengevaluasi keterampilan gerak dalam berbagai olahraga tradisional (**)
📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Aktivitas Gerak Berirama
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.
📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Senam
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi berbagai keterampilan gerak dominan senam lantai.
📌Sub Elemen Pengetahuan Gerak Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (Pilihan)
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi keterampilan gerak salah satu gaya renang serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.
📑ELEMEN PEMANFAATAN GERAK
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani
terkait kesehatan (physical fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), serta pengukuran
secara sederhana, untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik. Peserta didik juga dapat menunjukkan kemampuan dalam menerapkan pola
perilaku hidup sehat.
📌Sub Elemen Aktivitas Jasmani dan Aktivitas Kebugaran untuk Pemeliharaan dan Peningkatan Kesehatan
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mempraktikkan aktivitas jasmani sesuai dengan pedoman kebutuhan gerak dalam latihan peningkatan derajat
kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta
mempromosikannya melalui media yang sesuai.
📌Sub Elemen Pengembangan Pola Perilaku Hidup Sehat
Pada akhir fase ini peserta didik memahami dan mampu menerapkan pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia
sekolah dan memahami peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan
obat berbahaya lainnya sesuai dengan pola perilaku hidup sehat.
📑ELEMEN PENGEMBANGAN KARAKTER
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menggunakan kemampuan untuk memonitor diri sendiri dalam peningkatan derajat kebugaran jasmani dan
kemampuan aktivitas jasmani lainnya, serta menunjukkan keterampilan bekerja sama dengan merujuk peraturan dan pedoman untuk menyelesaikan
perbedaan dan konflik antar individu.
📌Sub Elemen Tanggung Jawab Personal (Mandiri)
Indikator Alur Perkembangan Fase E di Akhir Fase E (Jenjang SMA/SMK, Usia 16-18 tahun), Sub Elemen Tanggung Jawab Personal (Kemandirian) Pelajar
📌Sub Elemen Tanggung Jawab Sosial (Gotong Royong)
Indikator Alur Perkembangan Fase E di Akhir Fase E (Jenjang SMA/SMK, Usia 16-18 Tahun), Sub Elemen Tanggung Jawab Sosial (Gotong
Royong) Pelajar
📑ELEMEN NILAI-NILAI GERAK
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi hubungan antara aktivitas jasmani dan kesehatan, untuk dapat memilih aktivitas yang
menguntungkan sebagai media menumbuhkembangkan unsur kesenangan, tantangan, percaya diri, serta dapat mengekspresikan diri dalam
berinteraksi di lingkungan sosial.
📌Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Kesehatan
Indikator Alur Perkembangan Fase E di Akhir Fase E (Jenjang SMA/SMK, Usia 16-18 tahun), Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk
Kesehatan, Pelajar
📌Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Kesenangan dan Tantangan
Indikator Alur Perkembangan Fase E di Akhir Fase E (Jenjang SMA/SMK, Usia 16-18 tahun), Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk
Kesenangan dan Tandangan, Pelajar
📌Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk Ekspresi Diri dan Interaksi Sosial
Indikator Alur Perkembangan Fase E di Akhir Fase E (Jenjang SMA/SMK, Usia 16-18 tahun), Sub Elemen Nilai-Nilai Aktivitas Jasmani untuk
ekspresi Diri dan Interaksi Sosial, Pelajar
Alur Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK Fase F (Kelas 11 dan 12)
Selengkapnya dapat dilihat pada file PDF berikut:
- Tanda bintang satu (*). Hal ini berarti sekolah dapat memilih salah satu materi atau lebih sesuai dengan kondisi sekolah.
- Tanda bintang dua (**). Hal ini berarti sekolah dapat memilih jenis beladiri (pencak silat, karate, taekwondo, dan lain-lain) sesuai dengan kempetensi tenaga pendidiknya.
- Tanda bintang tiga (***). Hal ini berarti sekolah dapat melaksanakan atau tidak sesuai ketersediaan sarana dan prasananya yang dimiliki. Apabila sekolah tidak dapat melaksanakan kegiatan tersebut, maka dapat digantikan dengan aktivitas yang lainnya seperti: penjelajahan, berkemah, atau aktivitas yang lainnya.
0 Response to "Alur Tujuan Pembelajaran Mapel PJOK SMA/SMK"
Post a Comment