Tugas Projek "LIBERTAS" Liga Basket antar Kelas

Tugas Projek "LIBERTAS" Liga Basket antar Kelas
Tema: Permainan Invasi Bola Basket
Judul: Penyelenggaraan "LIBERTAS" Liga Basket Antar Kelas
Dimensi P5: 1. Mandiri 2. Kreatif 3. Bergotong Royong
Tujuan Projek : 
  1. Peserta didik dapat memahami pembagian posisi dan peran setiap pemain dalam permainan bola basket sehingga dapat mempraktikannya dalam permainan untuk membangun kerja  kerja sama tim dengan baik.
  2. Peserta didik dapat menerapkan, berbagai peran dalam situasi gerak baru yang menantang melalui penyelenggaraan pertandingan bola basket antar kelas.
  3. Peserta didik dapat memahami bahwa dalam permainan bola basket terdapat nilai-nilai Pancasila yang dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti sikap mandiri, kreatif, dan bergotong royong. 
Logo LIBERTAS

Langkah-Langkah Pelaksanaan:
  1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 9-10 siswa.
  2. Lakukan diskusi untuk menentukan pembagian posisi dan peran masing-masing anggota kelompok dalam permainan bola basket.
  3. Lakukan pembagian posisi dan peran sesuai dengan kualifikasi dan potensi dari setiap anggota kelompok. Anggota kelompok dibagi ke dalam posisi center, power forward, small forward, shooting guard, dan point guard.
  4. Lakukan juga pembagian peran panitia dalam pertandingan bola basket, yaitu penyelenggara, wasit, publikasi/dokumentasi pertandingan.  
  5. Setelah pembagian posisi selesai dilakukan, lakukan diskusi untuk mempelajari tugas dan peran sesuai posisi masing-masing dalam permainan bola basket.
  6. Kamu dapat mempelajari peran dan tugas setiap pemain dan panitia pertandingan dalam permainan bola bakset melalui tayangan video, seperti dari kanal YouTube.
  7. Lakukan latihan secara berkelompok dalam situasi permainan di lapangan.
  8. Carilah tim atau kelompok lain yang akan dijadikan lawan bertanding.
  9. Lakukan pertandingan permainan bola basket dengan sungguh-sungguh dan sportif.
  10. Guru mengawasi jalannya pertandingan dan memberikan penilaian terhadap ketepatan pembagian posisi, peran pemain, dan kerja sama yang dibangun dalam satu tim atau kelompok.
  11. Setelah pertandingan berakhir, masing-masing kelompok mengevaluasi hasil pertandingan dan melaporkannya kepada guru dalam bentuk catatan.
Catatan:
  1. Penyelenggara Pertandingan: Ketua panitia, sekertaris, bendahara, panitia pendukung.
  2. Wasit: Memimpin pertandingan
  3. Tim publikasi/dokumentasi: Menyiapkan jadwal pertandingan, membuat bagan pertandingan, mempublikasikan pertandingan dapat menggunakan berbagai jenis media publikasi baik berupa gambar maupun video.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Projek "LIBERTAS" Liga Basket antar Kelas"

Post a Comment